Menyelami “Kepartai-Islaman” PKS
sudah mendarah daging pada diri kita mengenai
pernyataan Cak Nur, Islam Yes Partai Islam No. sebagian besar dari kita
masih mengamini kebenarannya. apakah selamanya sebuah pernyataan
bersifat absolut? jika kita sampai saat ini masih membaca secara kasat
mata berarti kita masih mengabsolutkan pernyataan tersebut. di dunia ini
tidak ada yang absolut kecuali Allah sebagai
Rabbul’alamin.
dan Al Quran sebagai firman Tuhan serta Al Hadist Rasulullah Muhammad
SAW juga absolut akan kebenarannya. jika Anda masih meragukan, silakan
ngaji lagi atau setidaknya masuk
liqo’ PKS dan belajar tentang
ma’rifatullah.
dengan kata lain, pernyataan Cak Nur tersebut bukan suatu hal yang
absolut dan masih ada peluang untuk bersifat fleksibel seiring
berjalannya waktu. kemudian dari pada itu, saya di atas secara sekilas
mengatakan bahwa “jika kita masih melihat secara kasat mata”, itu
artinya banyak hal yang bisa kita selami dari pernyataan tersebut. Al
Quran saja ketika turun ada
asbabun nuzul-nya dan Al Hadist ada
asbabul wuruq-nya,
pernyataan manusia biasa pasti ada sebab adanya. pernyataan Islam Yes
partai Islam No ada kurang lebih karena “pertandingan” antara PNI dan
Masyumi. apakah kondisi yang ada saat ini sama dengan kondisi 1955? jika
Anda masih mengiyakan, berarti Indonesia masih berumur sepuluh tahun.
ingat, kita sudah 68 tahun, dan banyak lika-liku kehidupan yang sudah
kita lalui tapi mengapa fikiran kita masih berumur 10 tahun?
PKS bukanlah partai Islam biasa. silakan dibandingkan dengan partai
Islam yang lain, sistem yang dikembangkan PKS bukanlah sistem yang ada
di partai Islam yang sudah ada apalagi partai Islam di masa lampau. kita
ambil sedikit pernyataan presiden PKS,
al ustadz Anis Matta berkaitan dengan DCS, partai bukanlah EO melainkan
school of leadership.
hal ini sedikit menggambarkan bagaimana kehidupan dari partai ini. para
kader dari sejak “bayi” diajar bagaimana menjadi manusia yang sempurna.
sebut saja beberapa materi yang ada di ketarbiyahan PKS,
ma’rifatullah, ma’rifaturrasul, dan tidak ketinggalan
ghazwul fikri. hal ini menunjukkan proses yang dilakukan oleh kader PKS bukanlah proses yang instan.
coba kita lihat sejenak latar belakang partai islam yang ada di masa
lampau, mereka, para kader adalah masyarakat Islam yang sejak awal sudah
memiliki bekal keislaman dan tinggal “dikuras habis” dalam partai.
tidak ada salahnya dengan itu, tapi hal ini yang kita baca sebagai
pragmatisme agama dan politik. memanfaatkan agama untuk kepentingan
politik. ibarat gelas, para kader partai ini sudah sepenuhnya berisi
sehingga tinggal menumpahkan isinya dan tidak bisa lagi dibangun sistem
yang seharunya dikembangkan oleh partai. berbeda halnya dengan PKS,
agama dan politik tidak saling memanfaatkan secara parasitisme melainkan
mutualisme. mereka para kader ketika hadir seolah-olah gelas setengah
kosong bukan sepenuhnya isi bukan pula sepenuhnya kosong. ketika mereka
ada, mereka siap untuk mengeluarkan apa yang mereka miliki siap pula
diisi dengan sistem yang dikembangkan PKS.
apakah ini hanya berlaku di PKS? sebenarnya tidak, hanya saja PKS
memiliki sistem yang lebih kuat. kita lihat partai politik yang berasal
dari pesantren, yang dahulu mereka dimanfaatkan jiwa kepesantrenannya
kini mulai mau saling belajar dan mengajarkan diantara kader. hanya
sistem yang dikembangkan masih ikut sistem pesantren masing-masing
padahal pesantren belum tentu mendukung partai tersebut. saya tidak akan
membandingkan lebih jauh antara partai Islam non PKS dengan PKS karena
itu tidak
ahsan. yang pasti, partai Islam yang ada saat ini jauh berbeda dengan partai Islam ketika itu.
PKS bukan partai Islam biasa. PKS adalah partai dakwah. dakwah artinya
menyeru. tentu saja dakwah yang dibawa oleh PKS adalah dakwah
illahiyah bukan dakwah
syaithaniyah. sebagai partai Islam yang bergerak di bidang dakwah, PKS tentu
mahfum
bagaimana etika berdakwah. PKS tidak pernah memaksakan dalam dakwah.
memaksakan di sini dapat berarti melihat siapa objek dakwah di negeri
ini. PKS tahu benar bagaimana kemajemukan masyarakat Indonesia termasuk
kemajemukan agama yang ada di Indonesia. PKS tidak pernah memaksakan
semua masyarakat Indonesia harus beragama Islam.
lakum diinukum waliyadiin,
bagiku agamamu bagimu agamaku. PKS tidak pernah menjamah urusan akidah
maupun urusan ibadah masyarakat non Islam. bahkan demi kebijaksanaan PKS
tersebut, PKS rela menjadi partai Islam yang terbuka, di mana bukan
hanya masyarakat Islam saja yang boleh masuk menjadi kader melainkan
masyarakat bukan Islam pun bisa menjadi bagian dari PKS. lalu bagaimana
sisi dakwahnya jika di dalamnya terdapat masyarakat non Islam? di dalam
Islam ada urusan muamalah yang kini menjadi sasaran kerja PKS. muamalah
yang diatur dalam Islam meliputi sesama muslim maupun antara muslim dan
non muslim. jika kita mau merenungkannya, betapa indahnya partai ini
dalam balutan ajaran Islam. partai ini adalah partai dakwah, dimana yang
diserukan adalah kebaikan. semua kini terserah kita apakah mau membuka
batin kita untuk menerima kebaikan itu atau tidak.
ada atau ketiadaan PKS, dakwah harus selalu ada. dan kini PKS berusaha
untuk mengemban tugas dakwah tersebut. PKS bukan memanfaatkan Islam
untuk kekuasaan melainkan menyeimbangkan antara kehidupan jasmani dan
ruhani. akhirnya, apakah kondisi sekarang sama dengan kondisi 1955?
apakah PKS sama dengan partai Islam di masa lampau? apakah masyarakat
dan kehidupan beragama kini dan lampau masih sama? mode pakaian saja
telah berubah, kendaraan bermotor juga telah berubah, mengapa partai
politik tidak boleh berubah? yang tidak akan pernah berubah adalah
ajaran Tuhan. mari kita dukung jalan PKS,
jika tidak bisa membesarkan dakwah setidaknya jangan menghancurkan jalan dakwah.
Sumber : Kompasiana.com