Dalam jawaban syar’i untuk komentar Sadi Aqil Siradj tentang sweeping
yang tak syar’i, ustadz Fuad Al-Hazimi menegaskan bahwa Nabi Muhammad
SAW memang tidak pernah melakukan sweeping karena pada zamannya sedikit
sekali perbuatan maksiat.
Kalaupun ada, lanjut Ketua Masyarakat Peduli Syari’at Islam (MPSI)
Grabag Magelang ini, Rasulullah maupun para sahabat akan langsung
menindak dan menghukum para pelaku kemungkaran dan kemaksiatan
sebagaimana hadits dari Abu Hurairah ra meriwayatkan bahwa Rasulullah
SAW bersabda (yang artinya) :
“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya. Sungguh, aku pernah
bertekad untuk menyuruh orang membawa kayu bakar dan menyalakannya,
kemudian aku akan perintahkan orang untuk mengumandangkan adzan untuk
shalat (berjama'ah) kemudian akan aku suruh salah seorang untuk
mengimami orang-orang (jama'ah) yang ada lalu aku akan berangkat mencari
para lelaki yang tidak ikut shalat berjama’ah itu supaya aku bisa
membakar rumah-rumah mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Selain itu, pengurus Dewan Da’wah Islamiyyah Indonesia (DDII)
kabupaten Magelang ini menjelaskan, bahaya orang yang cenderung kepada
dunia dan mendustakan ayat-ayat Allah SWT.
“Dan bacakanlah kepada mereka berita orang yang telah Kami berikan
kepadanya ayat-ayat Kami (pengetahuan tentang isi Al Kitab), kemudian
dia melepaskan diri daripada ayat-ayat itu lalu dia diikuti oleh syaitan
(sampai dia tergoda), maka jadilah dia termasuk orang-orang yang
sesat”.
“Dan kalau Kami menghendaki, sesungguhnya Kami tinggikan (derajat)
nya dengan ayat-ayat itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan
menurutkan hawa nafsunya yang rendah, maka perumpamaannya seperti anjing
jika kamu menghalaunya diulurkannya lidahnya dan jika kamu
membiarkannya dia mengulurkan lidahnya (juga). Demikian itulah
perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami. Maka
ceritakanlah (kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berpikir”.
“Demikian itulah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat
Kami. Maka ceritakanlah (kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka
berfikir. Amat buruklah perumpamaan orang-orang yang mendustakan
ayat-ayat Kami dan kepada diri mereka sendirilah mereka berbuat zalim”.
“Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang
mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka merekalah
orang-orang yang merugi”. (QS. Al A’raaf 7 : 175 – 178)
Siasat atau apapun namanya dalam beramal, kata ustadz Al-Hazimi
hendaklah tetap mengacu kepada ayat dan sabda Rasulullah serta nasehat
para ulama berikut ini. Rasulullah shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda
(yang artinya) :
“Perumpamaan orang yang menegakkan syari’ah Allah dan yang
melanggarnya adalah seperti sekelompok orang yang menaiki kapal.
Sebagian di atas sebagian yang di bawah. Mereka yang berada di bawah
jika ingin minum, harus ke atas terlebih dahulu karena persediaan air
ada di atas. Lalu mereka berkata : “Seandainya kita lubangi saja kapal
ini, tentu kita tidak akan repot-repot ke atas”. Jika mereka tidak
dilarang, pastilah seluruh kapal akan tenggelam. Namun jika ada yang
melarang, niscaya mereka semua akan selamat”. (HR. Bukhari)
“Tidak ada satu pun Nabi yang diutus Allah pada suatu ummat sebelumku kecuali mereka memiliki hawariyyun
(para pendukung) dari ummat itu serta para sahabat yang mengamalkan
sunnah-sunnahnya dan mengikuti perintahnya. Kemudian akan muncul setelah
mereka, para penerus yang mengucapkan apa yang tidak mereka lakukan dan
melakukan apa yang tidak diperintahkan. Maka barangsiapa yang berjihad
melawan mereka dengan tangannya, ia adalah seorang mukmin, barangsiapa
yang berjihad melawan mereka dengan lisan (mulut) nya ia adalah seorang
mukmin, dan tidak ada setelah itu sedikit pun iman walaupun sebesar biji
sawi (dzarrah)”. (HR. Muslim)
Mantan Imam Masjid Al Hijrah Sydney NSW Australia ini juga
menerangkan balasan bagi orang yang tidak mau beramar ma’ruf nahi
mungkar. Allah Azza wa Jalla berfirman :
لُعِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ بَنِي
إِسْرَائِيلَ عَلَى لِسَانِ دَاوُودَ وَعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ ذَلِكَ بِمَا
عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ كَانُوا لَا يَتَنَاهَوْنَ عَنْ مُنْكَرٍ
فَعَلُوهُ لَبِئْسَ مَا كَانُوا يَفْعَلُونَ
“Orang-orang kafir dari Bani Israil telah dilaknat Allah dengan lisan
Daud dan Isa putera Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka
durhaka dan selalu melampaui batas. Mereka satu sama lain selalu tidak
melarang tindakan mungkar yang mereka lakukan. Sesungguhnya amat
buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu”. (QS. Al Maa-idah 5 : 78 –
79)
الْمُنَافِقُونَ وَالْمُنَافِقَاتُ
بَعْضُهُمْ مِنْ بَعْضٍ يَأْمُرُونَ بِالْمُنْكَرِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ
الْمَعْرُوفِ وَيَقْبِضُونَ أَيْدِيَهُمْ نَسُوا اللَّهَ فَنَسِيَهُمْ
إِنَّ الْمُنَافِقِينَ هُمُ الْفَاسِقُونَ
“Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, sebagian dengan
sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang mungkar dan
melarang berbuat yang makruf dan mereka menggenggamkan tangannya.
Mereka telah lupa kepada Allah, maka Allah melupakan mereka.
Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang yang fasik”. (QS. At
Taubah 9 : 67)
- Ibnul Araby menjelaskan :
“Mengajak kepada yang ma’ruf dan mencegah dari kemungkaran adalah
salah satu pokok Dienul Islam, salah satu tonggak di antara
tonggak-tonggak kaum muslimin dan khilafahnya Rabbul ‘Alamin, merupakan
tujuan terbesar diutusnya para Rasul dan hukumnya adalah fardhu ‘ain
bagi semua manusia, baik individu maupun kelompok, sesuai dengan
kemampuan yang mereka miliki”. (Aridhotul Ahwadzy juz 9 hal 31)
- Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata :
“Dien ini tidak akan tegak kecuali dengan Al Kitab (Al Qur’an dan
Sunnah), Neraca (keadilan) dan Besi (kekuatan)”. Allah Ta’ala Berfirman
(artinya) :
“Sesungguhnya Kami telah mengutus Rasul-rasul Kami dengan membawa
bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab
dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan
Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan
berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu)
dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan
rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha
Kuat lagi Maha Perkasa”. (QS. Al Hadid 57 : 25)
“Dengan Al Qur’an dan Sunnah, Ilmu dan Ad Dien ditegakkan, dengan
keadilan hukum dan undang-undang, kekuasaan diterapkan dan dengan besi
(kekuatan) hudud (sanksi dan hukuman) dilaksanakan terhadap orang-orang
kafir dan munafiq”. (Majmu’atul Fatawa)
Ustadz Al-Hazimi menambahkan bahwa semaksimal mungkin, umat Islam
harus melakukan amar ma’ruf nahi mungkar atau imannya dalam kondisi
paling lemah terus. Adapun pilihan bentuk nahi mungkar apa yang boleh
dipilih, berikut penjelasan Syaikh Abdullah Azzam, Asy Syahid -kamaa nahsabuh-.
“Adapun urutan amar ma'ruf nahi mungkar adalah sesuai hadits Nabi SAW :
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا
فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ
لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الإِيمَانِ
“Barangsiapa yang menyaksikan kemungkaran, maka wajib baginya untuk
merubah dengan tangannya (kekuatannya), jika ia tidak mampu maka ia
wajib menggunakan lisannya, jika ia tidak mampu maka ia wajib
menggunakan hatinya, dan itu adalah iman yang paling lemah”. (HR.
Muslim)
“Maka tidak diperbolehkan menggunakan lisan (saja) bagi orang yang
mampu menggunakan pedang dalam menghapus kemungkaran, juga tidak
diperbolehkan hanya mengingkari dengan hati jika ia mampu mengkritik,
mengungkap keburukannya dan mengingatkan pelakunya agar takut kepada
Allah dari kemungkaran itu”.
Dan juga penjelasan Imam Al Jashshosh dalam Kitab Ahkamul Qur'an
tulisan Imam Al Jashshosh, dikutip sebuah penjelasan dari Muhammad bin
Al Hanafiyyah -putra Ali Bin Abi Thalib dari istri keduanya- berikut ini
:
“Dan penghilangan kemungkaran dengan menggunakan tangan dapat diwujudkan dalam beberapa bentuk, di antaranya :
Jika kemungkaran itu tidak mungkin dapat hilang kecuali dengan pedang
dan pelakunya harus didatangi, maka orang tersebut harus melakukan hal
tersebut, seperti saat seseorang hendak membunuhnya atau membunuh orang
lain, atau hendak merampoknya atau memperkosanya dan yang semisal dengan
itu, sedang orang itu mengetahui bahwa perbuatan itu tidak mungkin
berhenti hanya dengan sebatas peringatan lisan atau melawannya namun
tidak dengan senjata, MAKA IA WAJIB MELAWAN ORANG ITU DENGAN SENJATA”.
Hal ini didasarkan hadits : “Barangsiapa yang menyaksikan
kemungkaran, maka wajib baginya untuk merubah dengan tangannya
(kekuatannya)”.
Jika tidak mungkin merubah atau mencegahnya kecuali dengan
membunuhnya, maka ia wajib membunuhnya. Namun jika menurutnya cukup
dengan menggunakan kekuatan tangan saja tanpa harus menggunakan senjata
dan si pelaku sudah berhenti dari kemungkaran itu, maka ia tidak boleh
mendahulukan menggunakan senjata (membunuhnya).
Akan tetapi jika tidak mungkin mencegah kemungkaran tersebut kecuali
dengan menggunakan senjata (membunuhnya) tanpa terlebih dahulu
memberikan peringatan maka ia wajib melakukan hal itu”. (Ahkamul Qur'an
lil Jashshsosh 2/713)
Ustadz Al-Hazimi juga mengkritisi nama yang dipakai oleh Said Aqil.
Menurutnya, nama tersebut terlalu bagus disematkan bagi orang yang
sering mendiskreditkan Islam dan ajaran Islam.
“Kalau orang Arab yang lurus aqidahnya pasti akan langsung protes
orang seperti ini dikasih nama Said (Bahagia) Aqil (Cerdas atau berakal)
Siradj (Penerang). Bisa jadi sebagai wujud protesnya, mereka akan
langsung nambah satu kata : LAA (tidak),” kata ustadz Al-Hazimi.
“Namanya jadi LAA SAID WA LAA AQIL WA LAA SIRADJ alias orang yang
tidak bahagia, tidak berakal dan tidak memberi penerangan. Gampang tho?
Tinggal ngasih LAA ditengahnya,” imbuhnya.
“Sama seperti Hosni Mubarak (yang diberkahi). Mereka (rakyat Mesir) kemudian merubahnya menjadi Hosni LAA Mubarak,” terangnya.
Terakhir, ustadz Al-Hazimi menegaskan, jika ada seseorang yang
mendiamkan perbuatan mungkar dan maksiat, sedangkan ia tau akan
kemaksiatan tersebut, maka ia sama saja dengan menyetujui perilaku
mungkar dan maksiat tersebut.
“Bukankah mendiamkan kemungkaran berarti setuju akan kemungkaran itu?,” pungkasnya.