Pendahuluan.
Semua orang paham bahwa liberalisme adalah sebuah
ideologi tentang kebebasan. Dan lebih populer lagi paham ini lebih
berkonsentrasi pada bidang ekonomi. Bagi dunia yang mengedepankan sistem
ekonomi kekeluargaan (koperasi) dalam menjalankan roda keuangan
negaranya, liberalisme merupakan ancaman terbesar bagi kelangsungan
kehidupan perekonomiannya.
” Liberalisme atau Liberal adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama “.
Tetapi sangat perlu dicermati ketika paham
Liberalisme itu bermigrasi menjadi Neoliberalisme, kata Neo didepannya
tidak sekedar pembaharuan peristilahan. Bermigrasinya paham liberalisme
menjadi neoliberalisme merupakan ancaman yang jauh lebih luas dari
sekedar soal-soal ekonomi dan keuangan tetapi menjadi penyangga utama
untuk mewujudkan neokolonialisme (penjajahan dengan sistem/pendekatan
baru) yang lebih adaftif bagi bangsa-bangsa tertentu.
Menjadi Gurita.
Sebagai ideologi dan filsafat, neoliberlisme terus
dikembangkan untuk kepentingan penguasaan terhadap seluruh asset sebuah
bangsa. Dimulai dari penguasaan bidang ekonomi lalu secara perlahan dan
semakin cepat belalainya mulai merambah keberbagai bidang kehidupan yang
berada diluar persoalan ekonomi.
“…Secara umum, liberalisme mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu.
Dimulai dari bidang ekonomi dengan target tumbuhnya
ketergantungan akibat kemiskinan yang sengaja diciptakan maka
selanjutnya akan memudahkan untuk masuk kebidang lainnya seperti ;
bidang kebudayaan,bidang pendidikan,bidang kesehatan,bidang politik dan
hukum,bahkan hampir menusuk kebidang agama.
Paham neoliberlisme tumbuh menjadi gurita dengan
tentakel yang beroperasi sendiri-sendiri lalu kemudian menyatukan
gerakannya kearah satu tujuan (goal) yaitu Neokolonialisme.
Bidang Ekonomi hanya sebagai permulaan.
Merambahnya paham neoliberalisme kebidang ekonomi
hanyalah sebagai permulaan program untuk mewujudkan cita-cita berdirinya
Neokolonialisme secara sistematis. Target dari kepentingan paham
neoliberalisme dibidang ekonomi dan turunannya adalah menciptakan
ketergantungan. Target ini disimpan secara rapi dalam bungkus
rasionalitas dan faktual yang semu. Pendekatan yang dilakukan sengaja
diciptakan sedemikian rupa sehingga menimbulkan penerimaan tanpa
kritikal disebagian besar masyarakat dunia ketiga.
Keberhasilan paham neoliberalisme mencapai
targetnya dalam menciptakan suatu ketergantungan ekonomi dan keuangan
akan segera menyebabkan tumbuhnya ketergantungan-ketergantungan
disektor-sektor sosial lainya. Dari ketergantungan itulah akan
diciptakan suatu rezim yang menjadi perpanjangan tangan Kaum
Neoliberalisme sebagai pelaku dinegara-negara yang mereka kuasai.
Bidang-Bidang lain sebagai penyempurna.
Biasanya paham neoliberalisme ini akan
berhadap-hadapan dengan paham-paham yang lebih banyak dipengaruhi oleh
adat budaya lokal dan ajaran agama tertentu yang dianut suatu bangsa.
Penerimaan masyarakat terhadap paham-paham yang selama ini tidak ia
kenal sangat ditentukan oleh budaya (kultur) masyarakat tersebut. Oleh
karenanya maka paham neoliberlisme harus memaksakan dirinya untuk masuk
kepersolan kultur tersebut. Kultur masyarakat yang dinilai menjadi
penghambat dalam mengideologikan liberalisme ini harus dirubah dengan
berbagai cara, satu diantaranya tentulah melalui pendidikan.
Pendidikan dirambah melalui berbagai cara termasuk
yang terpenting adalah mempengaruhi sistem pendidikan yang ada itu.
Berbagai media digunakan untuk mempengaruhi daya tangkal budaya
masyarakat terhadap pandangan-pandangan baru yang tak sejalan dengan
akal pikiran mereka (kultur asal). Perlahan-lahan satu persatu kearifan
lokal berpikir mereka mulai ditanggalkan dari kehidupan mereka.
Kata-kata pantang yang dahulunya berperan sebagai filter kebudayaan
masyarakat mulai menjadi asing dan aneh. Kata-kata dan makna sakral
mulai disamarkan dari kehidupan mereka sehari-hari sehingga masyarakat
tak lagi bisa menempatkan dengan benar dimana posisi terlarang dan
dibenarkan dalam kehidupan sehari-harinya. Akibatnya adat istiadat mulai
kehilangan popularitasnya karena masyarakat semakin tidak cerdas
memaknai kehidupan adat istiadat itu.
Kondisi ini akan berpengaruh terhadap kemudahan
paham neoliberalisme memasuki alam pikiran masyarakat yang berdiam
disebuah negara yang pemerintahnya tidak memiliki kesadaran sosial dan
kepekaan sosial, sehingga tidak melakukan tindakan sosial yang dapat
membendung abrasi pemikiran rakyatnya itu.
Bahkan neoliberalisme menusuk bidang agama.
Setelah bidang ekonomi,budaya, berhasil dikuasai,
maka satu sasaran penting lainnya yang perlu dimasuki oleh paham
neoliberlisme ini tentu saja bidang agama dan kepercayaan. Hal ini
menjadi penting karena bidang ini merupakan pintu terakhir dari
pertahanan kemandirian suatu bangsa. Ajaran agama mulai dibenturkan
dengan persoalan rasionalitas dan logika semu. Kepatuhan masyarakat
tertentu dalam mengamalkan ajaran agamanya mulai direstrukturisasi.
Kesulitan dalam melakukan tindakan yang bertentangan dengan ajaran
agamanya mulai diperlonggar dengan berbagai dalil-dalil penyimpangan.
Kemudahan-kemudahan mulai disebar luaskan bagi penganut yang tak lagi
menjalankan ajaran agamanya dengan janji-janji peruntungan dan perjudian
nasib. Tradisi-tradisi komersialisasi dan materialistik mulai
diperkenalkan kedalam majelis-majelis keagamaan.
Kondisi seperti ini tentu saja berhasil merubah
cara berpikir religius menjadi cara berpikir materialistik. Sebagai
contoh dikalangan ummat Muslin telah terjadi konflik pemikiran tentang
tanggung jawab kolektif terhadap pelaksanaan penguburan saudara
Muslimnya yang meninggal hanya karena persoalan beliau terdaftar sebagai
anggota STM (Serikat Tolong Menolong, organisasi kemasyarakatan
dilingkungan ummat Muslim) atau tidak. Hingga-hingga tak sedikit yang
bersikap bahwa orang itu (saudara Muslimnya itu) yang meninggal itu
bukan merupakan tanggungjawabnya dalam hal pelaksanaan pemakamannya,
padahal Islam mengajarkan bahwa itu merupakan tanggungjawab kolektif.
Walaupun barangkali contoh diatas belum dapat
dijadikan refresentasi namun faktanya hal itu mulai terdengar diberbagai
kelompok-kelompok masyarakat Muslim dan terjadi dimana-mana. Paling
tidak penguburannya hanya dihadiri sekelompok kecil masyarakat Muslim
yang masih menyadari tanggungjawab sosial dan agamanya.
Perbedaan-perbedaan status sosial dikalangan
masyarakat menjadi menonjol (walaupun tidak senyata ketika manusia masih
diliputi kehidupan berkasta-kasta zaman dulu). Orang lebih senang
mengundang atau menghadiri undangan masyarakat berkemampuan tinggi dalam
hal keuangan atau yang berstatus sosial menengah dan tinggi ketimbang
sebaliknya. Orang lebih menghormati pejabat yang kebetulan hadir di
Mesjid (tempat beribadah kepada Allah/rumah Allah) ketimbang sang Imam
(pemimpin jama’ah ketika menghadap Allah). Ini hanya baru beberapa
contoh kecil .Dan masih banyak contoh-contoh lain yang saat ini terjadi
dalam kehidupan kita sehari-hari. Dan semua ini tidak bisa dianggap
persoalan remeh temeh karena dimulai dari hal sekecil inilah paham
neoliberalisme itu merambah secara lebih luas dan masif.
“…Paham liberalisme menolak adanya pembatasan, khususnya dari pemerintah dan agama. Dalam masyarakat modern, liberalisme akan dapat tumbuh dalam sistem demokrasi, hal ini dikarenakan keduanya sama-sama mendasarkan kebebasan mayoritas “.
Neoliberalisme memusnahkan peradaban kemanusiaan.
Neoliberlisme tidak hanya persoalan dibidang
perekonomian. Paham ini merupakan ancaman yang siap memusnahkan
peradaban kemanusiaan. Paham ini adalah kegelapan sejarah peradapan
manusia masa lampau yang diadopsi secara lebih modern (reinkarnasi) oleh
kepentingan sekelompok orang yang berkeinginan untuk mengulang sejarah
gelap itu didunia yang sekarang ini. Paham ini akan menyebabkan
kehidupan manusia yang tak lagi menghormati budaya kebersamaan dan
sekaligus menghapus prinsip-prinsip bahwa sesungguhnya manusia itu
adalah makhluk sosial
Jadi sangat salah jika ada orang yang berpendapat
bahwa paham neoliberalisme ini hanya sebatas persoalan perekonomian dan
keuangan atau kepentingan para pengusaha (korporasi). Padahal paham ini
pada akhirnya akan menjadikan rakyat/masyarakat sebagai korban utama.
Sebagai contoh lihat saja persoalan ketidak seimbangan kenaikan
harga-harga dengan perkembangan pendapatan masyarakat, sepertinya tidak
berhubungan langsung padahal itulah salah satu indikator keberadaan dan
keberhasilan paham neoliberlaisme itu. Lihat saja persoalan nelayan dan
petani serta buruh yang tidak menikmati hasil jerih payahnya,semua itu
karena paham neoliberlisme itu sudah masuk kedalam sistem perekonomian
dan politik kita.
Penutup
Neoliberalisme adalah sebuah ideologi gelap yang
bisa memusnahkan peradaban manusia. Neoliberalisme tidak berhenti
dibidang ekonomi saja. Neoliberalisme adalah alat untuk melakukan
Neokolonialisme yang tak memilih siapa bakal korbannya kecuali seluruh
masyarakat dan harta kekayaan negaranya.
Penolakan terhadap konsepsi Neoliberalisme harus
terus disuarakan. Semua masyarakat/rakyat harus diberitahu secara
konkrit tentang kejahatan paham/ideologi Neoliberalisme ini agar
keberadaannya yang terus menerus mengembangkan dirinya dalam berbagai
bentuk dapat dimusnahkan dari permukaan bumi Indonesia ini.
Negara Indonesia serta rakyatnya tentu saja punya
pandangan sendiri tentang bagaimana menata sistem perekonomian kita yang
bernama Koperasi itu. Rakyat harus terus bergerak menyuarakan agar
pemerintah kembali kejalan kebenaran pelaksanaan sistem ekonomi
Indonesia. Tidak bisa ditawar-tawar lagi sebab kita seluruhnya tidak mau
tanah air bumi persada kita ini kembali dijajah. Kita harus
menyuarakannya hingga kepintu langit.
Bersama : Toto Pardamean