Tahun
2013 menjadi tahun politik yang “panas”. Suhu cuaca meningkat lebih
gerah dari sebelumnya. Di NTB khususnya, rasa-rasanya ingin bawa “alat
pendingin” kemana-mana. Komentar sedikit saja, langsung
dikaitkan-kaitkan dengan Pemilukada. Gaung demokrasi masuk ke pelosok
dari banyak perkumpulan sampai pada diskusi ringan warung kopi
pembicaraannya berkisar soal “kira-kira siapa yang akan menang?” dari
“kira-kira” ini, spekulasi banyak bermunculan. Bahkan statmen Paranormal
semakin laku dibincang.
Pesta
demokrasi, begitu kata orang-orang. Tingkah laku ini diam-diam menarik
juga untuk dilihat sebagai satu catatan: daerah kita maju-bersaing
sebagai pola relasi tumbuh kembangnya demokrasi. Dan judul tulisan yang
mengambil tiga sisi ini mencoba melihat gerak itu sebagai satu renungan
panjang dari ragam gerak orang-orang. selebihnya mari menafsir
sendiri-sendiri.
Survey (Penelitian)
“Tidak ramai rasanya jika Pemilukada tanpa publish
hasil survey” begitu komentar yang saya dengar dari seorang teman
ketika membaca hasil elektabilitas yang dilakukan oleh salah satu
lembaga survey beberapa waktu lalu. Lembaga survey “kebanjiran” order
menjelang pemilukada. Lembaga-lembaga survey jauh hari semacam “alat ramal” bagi para kandidat yang hendak bertarung di Pemilukada.
Hasil
survey (statistik parametrik) biasanya terdapat empat syarat yang harus
dapat dipenuhi sehingga data menjadi valid. Empat syarat tersebut
diataranya: normalitas, homogenitas, heterogenitas dan linieritas.
Terlepas dari empat syarat tersebut, sekali lagi hasil analisa lembaga survey “mengambil posisi” sebagai alat dongkrak popularitas yang diharapkan memberi berpengaruh pada signifikan tidaknya suara.
Di salah satu forum diskusi di facebook (fb) tak jarang publikasi hasil survey
menjadi bahan perdebatan. Pendukung pasangan (Cagub/ Cawagub) yang
secara kebetulan (tidak) diuntungkan oleh hasil survey tersebut:
berkomentar, mengkomplain hasil survey seperti konsumen yang
mengkomplain produk barang “jadi” yang terlanjur dibelinya. Dan untuk
sebagian pendukung yang merasa “jagoannya” dimenangkan oleh hasil survey
tersebut berkomentar mencari-cari pembenaran yang dikait-kaitkan dengan
hasil survey. Fenomena yang menarik, semakin meningkatnya akun
abal-abal (akun palsu) yang sengaja diciptakan sebagai salah satu cara counter isu media sosial.
Hasil
survey ini tak jarang disandingkan dengan hasil ramalan Paranormal.
Lucu memang, menjelang pemilukada bukan hanya lembaga survey yang
kebanjiran orderan, bahkan tak jarang Paranormal juga mengambil posisi
yang “menguntungkan” dengan statmen-statmen di surat kabar. Terlepas
dari apakah ini soal “pesanan”, valid atau tidak hasilnya kemudian,
fakta init toh menjadi salah satu strategi pilihan yang berusaha untuk “menekan keyakinan” publik pada Pemilukada.
Bagi lembaga survey, dalam membahasakan data hasilnya pendekatan metodologi memang penting dipublikasi untuk membedakan hasil survey dengan
hasil ramalan Paranormal. Paranormal yang statmennya kadang sulit
diterima akal, cukup dari hasil penerawangan, ramalan mimpi lantas
semacam “hendak” menggiring alam bawah sadar tentu saja konyol untuk
sebagian orang. Tetapi tidak sedikit juga yang masih meyakini sebagai
pencitraan untuk harapan kemenangan.
Semacam
bisnis politik menjelang Pemilukada, lebih jauh tak akan dibahas dalam
tulisan ini berangkat dari banyak pengalaman hasil survey
sementara tak jarang mengecewakan setelah perhitungan suara pada hari H
dilakukan. Bukan meragukan kapasitas Lembaga Survey tetapi dumee (modifikasi data) hasil survey juga tak lepas dari kemungkinan faktor human error. Maka publik juga perlu bijak menyikapi hasil survey.
Yang merasa “dimenangkan” sebaiknya tidak terlalu yakin dengan
bayang-bayang kemenangan karena bisa jadi ini sisi kelemahan, maka
penting untuk mempertahankan elektabilitas lapangan. Dan bagi yang
merasa tidak diuntungkan, jangan lantas mencibir dengan buru-buru
mengatakan “ini rekayasa” karna bisa jadi hasil survey juga dapat menjadi evaluasi kinerja bagi tim pemenangannya.
Sekali lagi survey
penting ada untuk “melihat” sejauh mana elektablitas pemilih di NTB
dalam menentukan suara. Meskipun ada juga kandidat yang tidak
menggunakan “jasa survey ini untuk berandai-andai dalam menentukan
sikap. Cukup dengan melihat publikasi hasil survey lawan, mereka sudah
dapat informasi di mana titik-titik rawan untuk “menyerang”.
Support (Mendukung)
Saya
termasuk penggemar acara adu bakat, X-Factor Indonesia yang disiarkan
langsung oleh TV swasta setiap Jumat malam,. Suara-suara kontestan
terbilang unik dengan aransemen lagu dan penampilan panggung yang
gemilang. Nama-nama seperti Fathin Zidkia Lubis, Novita Dewi, Alex
Rudiarth (salah tiganya) menjadi nominasi nama-nama kontestan dengan
aksi panggung yang cemerlang bagi saya sayang untuk dilewatkan.
Pola
penjaringan bakat dalam kontes suara satu ini terbilang unik (faktor x)
karena setiap kontestan “didampingi” oleh musisi-musisi ternama sebut
saja Ahmad Dhani, Anggun, Baby Romeo, dan Rossa. Sekaligus bertindak
sebagai komentator untuk penampilan para kontestan setiap minggunya.
Sebagai bisnis media, persamaan yang dengan kontes-kontes lainnya tentu
saja pada pooling suara dan SMS pemirsa yang menentukan kontestan ini terus bisa tampil di panggung atau tereliminasi.
Beginilah
dalam setiap kontes ajang pencarian bakat, tidak dapat dinilai penuh
dari aksi panggung juga kemasan penampilannya akan ada faktor-faktor
lain yang tetap harus diperhitungkan termasuk dukungan pemirsa yang
dapat disalurkan melalui SMS atau call center yang disediakan
panitia. Pendukung yang berkontribusi banyak untuk menentukan siapa
pemenang sekali lagi merupakan gejolak suara pemirsa dari konsekwensi
laku kerasnya tontonan yang disuguhkan. X-Factor Indonesia mengejawantah
dalam Pemilukada NTB.
Empat
calon kandidat yang sudah dipastikan lolos oleh KPU untuk berlaga dalam
Pemilukada NTB 2013 tidak lepas dari keberadaan Parpol yang
mendukungnya (baca: diusung) sebagai kendaraan. Meskipun salah satu
kandidat dari calon independen gagal untuk turut berlaga pada 13 Mei
nanti. Empat kandidat yang lolos seleksi calon antara lain: Pasangan
Suryadi Jayadi Putra berpasangan dengan rekan separtainya Johan Rosihan
dari PKS yang menyebut dirinya pasangan SJP-JOHAN diusung oleh dua
Parpol lainnya yaitu PBR dan PPRN. Pasangan K.H Zulkifli Mahadli
berpasangan dengan Prof. Dr. M. Ichsan (ZUL-ICHSAN) diusung PBB, PKPB dan PKNU, pasangan incumbent Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, MA. Berpasangan dengan H.M Amin, SH yang populer disebut pasangan TGB-AMIN diusung
oleh tujuh Parpol diantaranya Partai Demokrat, Golkar, PDI-Perjuangan,
PAN, PPP, PKB, Gerindra. Dan pasangan yang menyebut dirinya sebagai
pasangan HARUM (H. Harun Al-Rasyid dengan Dr. Muhyi Abidin) diusung oleh
Partai Hanura dan Parpol non parlemen.
Kandidat
pasangan Cagub-Cawagub yang balihonya sudah terpajang dimana-mana.
Sepanjang pinggir jalan, tertempel di pohon-pohon, kadang membuat kita
merasa sedang melewati etalase panjang pasar bernama Pemilukada.
Baliho-baliho yang terpasang, sebagai cara sosialisasi dan bentuk
harapan dukungan pemilih.
Surprise (Kejutan)
“wow!!” Satu
ungkapan akhir-akhir ini sering kita dengar akrab dalam komunikasi
sehari hari. Sebagai ungkapan yang mewakili keterkejutan. Pemilukada
yang terus-menerus berusaha di-yakin-i untuk dapat dimenangkan satu
putaran hampir oleh keempat pendukung pasangan. Optimisme bagi tim
pemenangan menjadi kata kunci yang penting sebagai salah satu cara untuk
mempengaruhi kelompok-kelompok masyarakat.
Kejutan-kejutan menyenangkan sering dimimpikan banyak orang. Kejutan yang juga sering kita saksikan berupa tontonan reality show “Jumpa Selebritis” (misal) Bagaimana sosok artis tiba-tiba mengunjungi fans “beratnya” lalu histeris. Acara semacam ini sering kita saksikan di layar kaca “dikemas” sedemikian rupa menjadi hal yang “wow” untuk sebagian orang.
Sekali lagi, surprise (kejutan) dalam Pemilukada tentu saja berbeda dengan acara reality show
yang dimaksud di atas. Kejutan bukan semata-mata hal yang menyenangkan
bukan? karena kejutan yang tidak menyenangkan pun kita lupa memaknainya
sebagai sebuah kejutan. Karena sistem otak bawah sadar kita (mungkin)
sudah terlanjur mensetting “kejutan identik dengan sesuatu yang menyenangkan”. Jika dapat dirumuskan dalam tulisan ini “Survey
+ Dukungan= Kejutan” atau bisa jadi “Survey - Dukungan = Kejutan”
(rumus yang masih dapat dimodifikasi menurut saya). Perkara kejutan ini
akan menyenangkan atau megecewakan menjadi konsekwensi dari satu
pertarungan.
Siapa
penerima kejutan? Penerima kejutan dalam tulisan ini adalah mereka yang
terlibat aktif dalam setiap proses yang terbangun. Saran saya, dalam
Pemilukada NTB kali ini jadilah pencipta kejutan yang mendukung kandidat
anda. Karena konon ada juga yang “lebih suka” masuk menyebut dirinya
sebagai “golongan putih” (Golput) tidak ingin menyalurkan hak suara dengan berbagai alasan.
Bukan
berarti penulis tak menghormati mereka yang Golput sebagai sebuah
pilihan, akan tetapi Golput bisa jadi selemah-lemah iman dalam
menentukan suara. Jika kita yakin dengan pilihan pada kandidat untuk
mendukung perubahan atau meneruskan pembangunan yang sudah ada kearah
kemajuan, maka suara-suara penting untuk disalurkan. Karena kejutan
bukan saja untuk kandidat tapi lebih dari itu NTB membutuhkan
kejutan-kejutan pembangunan dari pemimpin muda yang cemerlang. Wallahualambissawab***
Bersama :
Maya Rahmayati
Sumber : Kompasiana.com