Assalaamu 'alaikum. afwan ust, membaca basmalah dalm
surat Al fatihah apakah jahr atau sirr? mhon penjelasanya. Jzklh (Azhar).
Jawaban:
Wa ‘Alaikum Salam
wa Rahmatullah wa Barakatuh.
Bismillah wal hamdulillah wash Shalatu was Salamu ‘Ala Rasulillah wa ‘ala
Aalihi wa Man waalah wa Ba’d:
Pertanyaan ini kami jawab dari Imam
Ibnu Katsir Rahimahullah, beliau menjelaskan:
“Ada pun yang terkait dengan menjaharkan
Basmalah, maka perinciannya adalah sebagai berikut: bagi yang berpendapat bahwa
Basmalah BUKAN bagian dari surat Al Fatihah maka mereka tidak
menjaharkan, begitu juga menurut pihak yang mengatakan Basmalah adalah termasuk
bagian ayat awal darinya. Ada pun bagi kelompok yang mengatakan bahwa
Basmalah adalah termasuk bagian dari surat-surat di bagian awalnya. Maka
mereka berbeda pendapat dalam hal ini.
Imam Asy Syafi’i
Rahimahullah berpendapat bahwa Basmalah DIJAHARKAN
(dikeraskan), juga pada surat lainnya. Inilah pendapat banyak golongan dari
sahabat tabi’in, para imam kaum muslimin, baik salaf dan khalaf. Dari
kalangan sahabat yang menjaharkan adalah Abu Hurairah, Ibnu Umar, Ibnu Abbas,
dan Muawiyah. Ibnu Abdil Bar dan Al Baihaqi menceritakan bahwa ini
juga dilakukan Umar dan Ali. Sedangkan Al Khathib menukil dari khalifah
yang empat yakni Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali. Tapi riwayat ini gharib
(asing/menyendiri). Dari kalangan tabi’in adalah Said bin Jubeir, Ikrimah, Abu
Qilabah, Az Zuhri, Ali bin Al Husein dan anaknya Muhammad, Said bin Al
Musayyib, Atha, Thawus, Mujahid, Salim, Muhammad bin Ka’ab Al Qurzhi, Abu Bakar
bin Amru bin Hazm, Abu Wail, Ibnu Sirin, Muhammad bin Al Munkadir, Ali
bin Abdullah bin Abbas dan anaknya Muhammad, Nafi’, Zaid bin Aslam, Umar bin
Abdul Aziz, Al Azraq bin Qais, Habib bin Abi Tsabit, Abu Sya’ tsa’, Makhul, dan
Abdullah bin Ma’qil bin Muqarrin.
Imam Al Baihaqi menambahkan:
Abdullah bin Shafwan dan Muhammad bin Al Hanafiyah. Sementara Imam Ibnu Abdil
Bar menambahkan: Amru bin Dinar. (Tafsir Al Quran Al Azhim, 1/117)
Demikianlah, sangat banyak para
sahabat, tabi’in dan imam kaum muslimin yang berpendapat dikeraskannya membaca
Basmalah ketika shalat. Dalil-dalil mereka adalah:
-
Imam An Nasa’i dalam Sunannya, Imam Ibnu Khuzaimah dan Imam Ibnu Hibban
dalam Shahihnya masing-masing, Imam Al Hakim dalam Al Mustadraknya;
dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu bahwa beliau shalat dan dia
mengeraskan membaca Basmalah, lalu setelah shalat selesai, dia berkata:
“Sesungguhnya saya menyerupakan untuk kalian shalatnya Rasulullah Shallallahu
‘Alaihi wa Sallam.” (Hadits ini dishahihkan oleh Ad Daruquthni, Al
Khathib, Al Baihaqi, dan lainnya)
-
Imam Al Hakim meriwayatkan dalam Al Mustadraknya, dari Ibnu Abbas Radhiallahu
‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengeraskan
membaca Bismillahirrahmanirrahim. (Katanya: hadits ini shahih)
-
Imam Al Bukhari dalam Shahihnya, meriwayatkan bahwa Anas bin Malik Radhiallahu
‘Anhu ditanya tentang bacaan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,
dia menjawab: “Adalah bacaan Beliau itu diberikan jarak yang panjang, kemudian
dia membaca Bismillahirrahmanirrahim, dengan memanjangkan Bismillah,
memanjangkan Ar Rahman dan memanjangkan Ar Rahim. (juga
diriwayatkan oleh At Tirmidzi No. 2451, Ibnu Majah No. 4215)
-
Imam Ahmad dalam Musnadnya dan Imam Abu Daud dalam Sunannya, Imam
Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya, dan Imam Al Hakim dalam Al Mustadaraknya,
meriwayatkan: dari Ummu Salamah, dia berkata: “Bahwa Shalatnya Rasulullah Shallallahu
‘Alaihi wa Sallam membaca dengan diputus-putus;
Bismillahirrahmanirrahim. Al Hamdulillahirabbil ‘alamin. Ar Rahmanirrahim.
Malikiyaumiddin.” (Imam Ad Daruquthni mengatakan: isnad hadits ini
shahih)
-
Imam Asy Syafi’i dalam Musnadnya dan Imam Al Hakim dalam Al Mustadraknya
meriwayatkan dari Anas Radhiallahu ‘Anhu; bahwa Muawiyah Radhiallahu
‘Anhu shalat di Madinah dan dia tidak membaca Basmalah (mengecilkan suara),
lalu orang Muhajirin yang hadir mengingkarinya, maka ketika dia shalat untuk
kedua kalinya, maka dia membaca bismillah.”
-
Imam Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya menyebutkan dari Nu’aim bin Al
Majmar katanya: Aku Shalat dibelakang Abu Hurairah, dia membaca Bismillahirrahmanirrahim
kemudian membaca Ummul Kitab, hingga sampai Wa Ladhdhaallin, dia
menjawab: Amin, dan manusia menjawab: Amin.” (HR. Ibnu
Khuzaimah No. 499, Berkata Syaikh Al Abani: Al A’zhami berkata: sanadnya
shahih seandainya Ibnu Abi Hilal tidak tercampur (hapalannya))
Demikianlah diantara dalil yang
ada bagi kalangan yang mengatakan bahwa membaca Basmalah adalah dikeraskan.
Imam Ibnu Katsir Rahimahullah nampaknya memilih pendapat ini dengan
menyebutnya sebagai: “hujjah yang mencukupi dan memuaskan.” (Tafsir
Al Quran Al ‘Azhim, 1/118)
Kelompok yang lain mengatakan
bahwa membaca Basmalah TIDAK DIJAHRKAN. Berkata Imam Ibnu Katsir Rahimahullah:
وذهب آخرون إلى أنه لا
يجهر بالبسملة في الصلاة، وهذا هو الثابت عن الخلفاء الأربعة وعبد الله بن مغفل،
وطوائف من سلف التابعين والخلف، وهو مذهب أبي حنيفة، والثوري، وأحمد بن حنبل.
“Pendapat kelompok yang lainnya
adalah bahwa tidaklah mengeraskan Basmalah dalam shalat. Dan, ini telah pasti
(tsabit) dari khalifah yang empat dan Abdullah bin Mughaffal, dan banyak
kelompok dari pendahulu tabi’in dan khalaf. Ini juga pendapat Abu Hanifah,
Ats Tsauri, dan Ahmad bin Hambal.” (Ibid)
Kelompok ini berdalil sebagai
berikut:
-
Dari Anas bin Malik Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Abu Bakar, Umar, dan Utsman
memulai bacaan dalam shalatnya dengan Alhamdulillahirabbil ‘alamin. (HR.
Abu Daud No. 782. Syaikh Al Albani menyatakan shahih. Lihat Shahih wa Dhaif
Sunan Abi Daud No. 782)
-
Dari Anas bin Malik Radhiallahu ‘Anhu, katanya: “Saya telah shalat
dibelakang Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, Abu Bakar, Umar dan
Utsman, dan tak satu pun dari mereka yang mengeraskan bacaan Basmalah.” (HR.
An Nasa’i No. 907, Syaikh Al Albani menyatakan shahih. Lihat Shahih wa Dhaif
Sunan An Nasa’i No. 907. Juga Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya No.
495)
-
Dari Anas bin Malik Radhiallahu ‘Anhu, katanya: “Adalah shalatnya
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, Abu Bakar, Umar, dan Utsman,
mereka memulainya dengan membaca: Al Hamdulillahirrabbil ‘alamin.” (HR.
At Tirmidzi No. 246, katanya: hasan shahih. Syaikh Al Albani menyatakan
shahih dalam Shahih wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 246)
-
Dari ‘Aisyah Radhiallahu ‘Anha, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi
wa Sallam memulai shalat dengan bertakbir lalu membaca: Alhamdulillahirabbil
‘Alamin.” (HR. Abu Daud No. 783, Syaikh Al Albani menyatakan shahih.
Lihat Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud No. 783)
Demikianlah dalil-dalil bagi
kelompok yang menyatakan bahwa membaca Basmalah tidak dikeraskan.
Sementara Imam Malik
berpendapat bahwa dalam shalat TIDAKLAH MEMBACA SAMA SEKALI
bacaan Basmalah, baik keras (jahran) atau pelan (sirran). Beliau
beralasan bahwa hadits-hadits di atas bukan menunjukkan sirr (pélan),
tetapi memang Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidak membaca
Basmalah. Alasan lainnya adalah:
-
Imam Muslim meriwayatkan dalam Shahihnya dari Anas bin Malik, bahwa
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidaklah membaca
Bismillahirrahmanirrahim, baik di awal dan di akhirnya. Yang seperti ini juga
diriwayatkan dalam berbagai kitab Sunan dari Abdullah bin Mughaffal Radhiallahu
‘Anhu.
Tetapi, pendapat Imam Malik ini
dianggap lemah, sebab dalam hadits-hadits di atas jelas sekali disebutkan
kalimat: tak satu pun dari mereka yang mengeraskan bacaan Basmalah,
artinya Basmalah tetaplah dibaca tetapi tidak keras. Ada pun hadits yang
menyebutkan bahwa Nabi tidak membaca Basmalah, mesti ditakwil dan dikompromi
dengan hadits lain, yakni Beliau bukanlah tidak membaca
tetapi membacanya, hanya saja suaranya pelan seakan bagi pendengar
tidak membacanya. Wallahu A’lam
Nah, dengan demikian ada dua
pendapat yang kuat dan sama-sama ditopang oleh dalil-dalil yang shahih, yakni
pendapat Pertama. membaca Basmalah secara keras. Pendapat kedua,
membacanya secara pelan.
Kedua
kelompok ini berdalil dengan hujjah yang sama-sama shahih, dan satu sama lain
tidaklah dianggap merevisi (nasakh) yang lainnya, atau dianggap riwayat dhaif. Maka,
pandangan yang paling seimbang adalah: Bahwa BENAR Rasulullah
Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah mengeraskan Basmalah sebagaimana yang
diriwayatkan secara shahih oleh sahabat yang melihat dan mendengarnya seperti
Ibnu Abbas, Abu Hurairah, dan Ummu Salamah, dan BENAR pula bahwa Rasulullah
Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah memelankan Basmalah sebagaimana yang
diriwayatkan secara shahih pula dari sahabat yang melihat dan mendengarnya
seperti Anas bin Malik dan ‘Aisyah. Jadi, keduanya adalah benar.
Inilah
metode yang ditempuh oleh para ulama muhaqqiq (peneliti) seperti ‘Alim
Rabbani Al ‘Allamah Ibnu Qayyim Al Jauziyah Rahimahullah. Beliau
berkata:
والإِنصاف الذي يرتضيه
العالم المنصف، أنه صلى الله عليه وسلم جهر، وأسر، وقنت، وترك، وكان إسرارُه أكثَر
من جهره، وتركه القنوتَ أكثر من فعله
“Pendapat yang bijak yang
dibenarkan oleh para ulama yang objektif adalah bahwa Rasulullah Shallallahu
‘Alaihi wa Sallam pernah membaca secara keras dan pelan,
pernah berqunut dan pernah meninggalkannya. Hanya saja memelankannya lebih
banyak dibanding mengeraskannya, dan meninggalkan qunut lebih banyak
dibanding melakukannya.” (Imam Ibnul Qayyim, Zaadul Ma’ad, 1/272.
Cet. 3. 1986M-1406H. Muasasah Ar Risalah. Beirut - Libanon)
Imam Ibnu Katsir Rahimahullah
mengatakan:
فهذه مآخذ الأئمة، رحمهم الله، في هذه المسألة وهي قريبة؛ لأنهم أجمعوا على صحة
صلاة من جهر بالبسملة ومن أسر، ولله الحمد والمنة
Inilah jalannya para imam –Rahimahumullah-
dalam masalah ini dan ini merupakan masalah yang bisa didekatkan, karena mereka
sepakat bahwa sahnya shalat bagi yang mengeraskan dan memelankan. Walillahilhamd
wa Minnah . (Tafsir Al Quran Al ‘Azhim, 1/118)
Demikian pembahasan ini. Dari
sini semoga kita bisa lebih arif dalam menyikapi bacaan Basmalah ini.
Membacanya, baik dikeraskan atau tidak, bukanlah bab permasalahan salah atau
benar, sunah atau bid'ah. tetapi, keduanya benar, hanya saja nabi lebih
sering tidak mengeraskannya Maka, tidak dibenarkan satu sama lain
saling menyerang dan menyalahkan, apalagi sampai taraf menuduh sebagai pelaku
bid'ah. Padahal duanya merupakan perilaku nabi, sahabat tabi'in, dan imam
kaum muslimin. Maka, jika kita berada di masjid yang biasa mengeraskan bacaan
Basmalah, maka alangkah baik jika kita mengikutinya -jika diminta menjadi
imam- untuk menjaga persatuan hati dan menghilangkan kebencian. Begitu pula
ditempat sebaliknya. Inilah perilaku ulama rabbani yang mendalam
ilmunya yang sudah sepatutnya kita meneladaninya. Semoga bermanfaat.
Wallahu A’lam
Farid Nu'man Hasan
Sumber : Islamedia.com