Dewasa ini semakin hangat diperbincangkan persoalan-persoalan yang
terkait dengan tradisi yang dilakukan oleh muslim nusantara secara
konsisten dan mengakar, baik dari perspektif akidah maupun amaliah. Hal
ini disebabkan oleh hadirnya kelompok-kelompok baru yang kontra dengan
tradisi Islam nusantara kemudian rutin memberi vonis bid’ah, haram,
syirik, sesat menyesatkan dan sebagainya. Diantara tradisi yang
dipertentangkan adalah tahlil, asumsinya bahwa tahlil termasuk ibadah
yang tidak ada tuntunannya dalam agama.
Sebagai muslim yang baik
tentu kita tertantang untuk membuktikan secara ilmiah apakah vonis-vonis
tersebut benar adanya atau malah sebaliknya tahlil memang ada dasarnya
dalam islam. Dengan pembuktian ilmiahlah kita akan benar-benar netral
dan tidak bertendensi untuk tergesa-gesa memberikan status hukum yang
cenderung provokatif. Sebab setiap persoalan berpotensi menimbulkan
ketegangan dan ketidaksenangan utamanya pada internal umat Islam
sendiri. Tentu kita tidak akan rela mengorbankan muslim di akar rumput
untuk saling bermusuhan.
Mari kita bedah sedikit apa itu tahlil. Menurut Hasyiyah al-Bujairimi tahlil berasal dari kata bahasa arab
Hallala-Yuhallilu-Tahlilan. Kata tahlil merupakan kata yang disingkat dari kalimat
La Ilaha Illallah yang dalam literatur bahasa arab dikenal dengan
al-Naht.
Penyingkatan ini sama dengan beberapa istilah lain seperti takbir (dari
Allahu Akbar), Hamdalah (dari Alhamdulillah) dan lain sebagainya.
(Hal.1)
Kata tahlil kemudian identik dengan sebuah istilah untuk
satu tradisi tertentu. Yakni majelis untuk berkumpulnya beberapa orang
untuk membaca al-Quran dan dzikir-dzikir yang
ma’tsur
(diriwayatkan) yang diamalkan oleh Rasulullah SAW seperti tasbih,
takbir, tahlil dan sebagainya untuk dihadiahkan pahalanya kepada
saudara, kerabat, tetangga atau sahabat yang telah meninggal. Tradisi
ini tidak hanya dilakukan ketika ada yang meninggal namun juga kerap
dilakukan dalam pengajian rutin, ziarah kubur dan majelis lainnya.
Seiring
berjalannya waktu, ternyata hadir beberapa kelompok gencar
mempermasalahkan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan tahlil.
Diantaranya seperti tradisi
selametan 7, 40 dan 100 hari sebagai
warisan tradisi sebelum islam, mengirim pahala tahlil dan bacaan
al-Quran kepada orang yang telah meninggal, mengadakan perkumpulan di
rumah orang yang meninggal dan masalah-masalah lainnya.
Pertanyaan
yang sering mengemuka di masyarakat adalah apakah sesuatu yang tidak
dilakukan pada masa nabi semuanya dihukumi haram? Pertanyaan ini penting
untuk dijawab sebab ada pemahaman bahwa setiap hal yang tidak pernah
dilakukan Rasulullah adalah perbuatan bid’ah dan sesat menyesatkan.
Misalnya tradisi tahlil, membaca al-Quran di kuburan dan sebagainya.
Dengan alasan tidak dilakukan Nabi mereka melarang beberapa amaliah
tersebut.
Larangan terhadap suatu amaliah tertentu harus disertai
dalil dan tak hanya cukup sekedar mengatakan ‘Tidak dilakukan oleh
Nabi’. Hal ini didasarkan pada perintah Allah Swt dalam surat al-Hasyr
ayat 7 yang artinya “
Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarang bagimu maka tinggalkanlah”.
Kemudian dipertegas oleh hadis Nabi diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yakni ”
Jika aku memerintahkan sesuatu maka lakukanlah dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah”.
Sudah jelas baik ayat maupun hadist tidak ada yang mengatakan bahwa
yang tidak dilakukan oleh Nabi Saw harus ditinggalkan. Pertanyaannya
adakah dalil al-Quran dan hadist yang mengharamkan tahlilan, membaca
al-Quran di kuburan, istighatsah dan sebagainya. (Hal.32-34)
Begitupun
mengenai tradisi tahlilan 7 dan 40 hari. Kelompok yang kontra dengan
tradisi tahlil selalu mengatakan bahwa tradisi tersebut telah bercampur
dengan tradisi agama pra islam di Jawa yaitu Hindu dan Budha, sehingga
prakteknya haram untuk dilakukan karena menyerupai (
Tasyabbuh)
dengan tradisi agama lain. Hal ini juga terjadi pada perayaan Maulid
Nabi yang dianggap mirip dengan perayaan Natal dalam Kristen.
Disini perlu pelurusan pemahaman bahwa tidak selamanya yang tergolong
tasyabbuh
adalah perkara yang diharamkan. Sebab tidak semua kemiripan tradisi
mengarah pada substansi kandungan dalam tradisi tersebut. Oleh sebab itu
mengenai tradisi 7 dan 40 hari ada dalil yang diriwayatkan oleh murid
Ibnu Taimiyah (tokoh rujukan kelompok kontra tahlil) yaitu Ibnu Kastir
dalam kitab al-Bidayah wa an-Nihayah. Beliau menyampaikan bahwa
“
Imam Ahmad mengutip pernyataan Thawus: Sesungguhnya orang-orang yang
mati mendapatkan ujian di kubur selama 7 hari. Maka para sahabat senang
untuk memberi sedekah pada 7 hari tersebut”. Bahkan masih banyak
lagi hadist dan fatwa ulama yang memperbolehkan tradisi ini seperti
Jalaluddin as-Suyuthi dan Ibnu Hajar al-Haitami as-Syafi’i melalui
kitab-kitabnya. (Hal.124-130)
Perdebatan terus terjadi diberbagai
media, baik media cetak maupun online. Hadirnya buku ilmiah karya Ustadz
Muhammad Ma’ruf Khozin bertema khusus tahlil adalah untuk menengahi hal
tersebut. Disamping itu juga sebagai sumbangan baru ilmu pengetahuan
dan memperkaya khazanah keabsahan tahlil dalam pandangan agama. Dengan
bersandar pada argumentasi yang kuat yakni didasarkan pada al-Quran dan
hadist Ustadz Khozin benar-benar mampu menjawab semua vonis yang
dituduhkan.
Sampai disini nilai kedewasaan dalam beragama memang sangat dibutuhkan. Meluruskan sesuatu yang keliru dalam Islam merupakan
fardhu kifayah.
Untuk menggugurkan kewajiban tersebut tentu ketika menyampaikannya
harus dengan dalil yang kuat, baik dari al-Quran, hadist dan berbagai
literatur lainnya. Sebab dengan begitu kadar keilmiahannya terjamin
untuk menentukan benar tidaknya suatu perkara. Semoga kita tidak
terjebak dalam
mindset sempit sehingga benar-benar objektif dalam menilai.