Sebagian kalangan mencoba
mengaburkan fakta keberagaman dengan alasan wihdatul ummah (persatuan
umat). Mereka mencoba “mendamaikan” antara Ahlus Sunnah dan Syiah di bawah
slogan; Tuhan yang satu, Nabi yang satu, Kitab yang satu, Kiblat yang satu,
buat apa kita berpecah ….., begitu rahmat slogan ini tetapi dibaliknya
mengandung azab. Apakah mungkin bersatu kepada kaum yang jika disebut nama Abu
Bakar, Umar, Utsman, Muawiyah, dan Abu
Hurairah, mereka menyebutnya dengan la’natullah ‘alaihim, thaghut,
munafiq …. Sedangkan kita mendoakannya dengan Radhiallahu ‘Anhum
(semoga Allah meridhai mereka) …?
Jika Anda ditanya, apa agamamu?
Lalu Anda jawab: “Saya Islam, maka saya muslim.” Sesuai ayat:
وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِمَّنْ دَعَا
إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ
Siapakah yang lebih baik
perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang
saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk kaum muslimin?” (QS. Al
Fushilat: 33)
Jika Anda menjawab “saya muslim”
karena berhujjah dengan ayat ini maka Anda benar ketika Anda hidup pada masa
Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, sebab saat itu Islam masih satu
wajah, belum ada yang menyimpangkan dan menyelewengkan. Ada pun pada masa
selanjutnya, puluhan bahkan ratusan firqah menyebar di berbagai negeri
muslim, dan semuanya menyandarkan dirinya pada Islam; ada syiah, khawarij,
murjiah, mu’tazilah, qadariyah, jabbariyah, musyabbihah, mujassimah, qaramithah,
hasyawiyah, jahmiyah, atau sekte-sekte modern seperti Ahmadiyah, Islam
Jamaah, Isa Bugis, NII KW 9, dan sebagainya.
Maka, tidak cukup pada masa
fitnah seperti ini Anda menjawab “saya muslim” tetapi jawablah “saya muslim
sunni (pengikut ahlus Sunnah).”
Dalam Shahih Muslim, disebutkan bahwa Imam Muhammad bin Sirin Radhiallahu
‘Anhu menyebut nama Ahlus Sunnah untuk
membedakan diri terhadap Ahli bid’ah pada zaman fitnah.
حَدَّثَنَا أَبُو جَعْفَرٍ مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ
بْنُ زَكَرِيَّاءَ عَنْ عَاصِمٍ الْأَحْوَلِ عَنْ ابْنِ سِيرِينَ قَالَ لَمْ يَكُونُوا
يَسْأَلُونَ عَنْ الْإِسْنَادِ فَلَمَّا وَقَعَتْ الْفِتْنَةُ قَالُوا سَمُّوا لَنَا
رِجَالَكُمْ فَيُنْظَرُ إِلَى أَهْلِ السُّنَّةِ فَيُؤْخَذُ حَدِيثُهُمْ وَيُنْظَرُ
إِلَى أَهْلِ الْبِدَعِ فَلَا يُؤْخَذُ حَدِيثُهُمْ
Berkata kepada kami Ja’far Muhammad bin Shabbah, berkata kepada kami
Ismail bin Zakariya, dari ‘Ashim, dari
Ibin Sirin, katanya: Dahulu mereka tidak pernah menanyakan tentang
isnad. Ketika terjadi fitnah mereka mengatakan: “Sebutlah nama periwayat kalian
kepada kami, maka jika dilihat dari Ahli
Sunnah maka diambil hadits mereka, dan
jika dilihat dari Ahli Bid’ah maka
jangan ambil hadits darinya.” (Shahih Muslim, Bab Bayan Annal Isnaad
minad Diin)
Kenapa Memilih Madzhab
Ahlus Sunnah?
Dari Irbadh bin Sariyah Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu
‘Alaihi wa Sallam bersabda:
مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ
بَعْدِي فَسَيَرَى اخْتِلَافًا كَثِيرًا فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ
الْمَهْدِيِّينَ الرَّاشِدِينَ تَمَسَّكُوا بِهَا وَعَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ
“Barang siapa di antara kalian hidup setelah aku, maka
akan melihat banyak perselisihan, maka hendaknya kalian berada di atas
sunahku, dan sunah khulafa’ur rasyidin yang yang mendapat petunjuk,
maka berpegang teguhlah padanya dan gigitlah dengan geraham kalian.” (HR.
Abu Daud No. 4607, At Tirmidzi No. 2676, katanya: hasan shahih. Ibnu Majah
No. 42, Ahmad No. 17142, 17144, Al Baihaqi, As Sunan Al Kubra No.
20215, Al Hakim, Al Mustadrak No. 329,
katanya: hadits ini shahih tak ada cacat. Syaikh Al Albani
mengatakan: sanadny shahih. As Silsilah Ash Shahihah No. 2735)
Dari Ibnu Umar Radhiallahu ‘Anhuma, bahwa
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
عَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ وَإِيَّاكُمْ وَالْفُرْقَةَ
“Hendaknya kalian bersama
jamaah, dan hati-hatilah terhadap perpecahan.” (HR. At Tirmidzi No.2165,
Katanya: hasan shahih gharib. An Nasa’i, As Sunan Al Kubra,
5/389. Syaikh Al Albani menshahihkan, lihat Irwa’ul Ghalil, 6/215)
Dari Ibnu Umar Radhiallahu
‘Anhuma, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
فمن أراد منكم بحبوحة الجنة فليلزم الجماعة ، فإن الشيطان مع الواحد وهو من الاثنين
أبعد
“Barang
siapa di antara kalian menghendaki tamannya surga, maka berpeganglah pada
jama’ah, sebab syaitan itu bersama orang yang sendirian, ada pun bersama dua
orang, dia menjauh.” (HR. At Tirmidzi No. 2165, katanya: hasan shahih
gharib. Ahmad No. 177, Ibnu Hibban No. 4576. Al Hakim, Al Mustadrak
‘alash Shahihain No. 387, katanya: shahih
sesuai syarat Bukhari-Muslim. Syaikh Al Albani menshahihkan dalam As
Silsilah Ash Shahihah No. 430)
Allah Ta’ala berfirman:
يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوهٌ وَتَسْوَدُّ وُجُوهٌ
“Pada hari yang di waktu itu ada
muka yang putih berseri, dan ada pula muka yang hitam muram...” (QS. Ali
Imran (3): 106)
Berkata Ibnu Abbas Radhiallahu
‘Anhuma:
تبيض وجوه أهل السنة والجماعة وتسود وجوه أهل البدعة.
“Putih berseri wajah Ahlus Sunnah
wal Jamaah, dan hitam muram wajah ahli bid’ah.” (Imam Al Qurthubi, Al
Jami’ li Ahkamil Quran, 4/167. Tafsir Ibnu Abi Hatim, 3/124. Imam Al
Baghawi, Ma’alimut Tanzil, 2/87. Imam Asy Syaukani, Fathul Qadir,
2/10. Imam Ibnul Jauzi, Zaadul Masir, 1/393. Imam As Suyuthi, Ad
Durul Mantsur, 2/407)
Nasihat Generasi Awal Islam
Berkata Ubai bin Ka’ab Radhiallahu
‘Anhu:
عليكم بالسبيل والسنة فإنه ليس من عبد
على سبيل وسنة ذكر الرحمن ففاضت عيناه من خشية الله فتمسه النار وإن اقتصادا في سبيل
وسنة خير من اجتهاد في إخلاف
“Hendaknya kalian
bersama jalan kebenaran dan As Sunnah, sesungguhnya tidak akan disentuh neraka,
orang yang di atas kebenaran dan As Sunnah dalam rangka mengingat Allah lalu
menetes air matanya karena takut kepada Allah Ta’ala. Sederhana mengikuti
kebenaran dan As Sunnah adalah lebih baik, dibanding bersungguh-sungguh dalam
perselisihan.”
Dari Abul ‘Aliyah, dia berkata:
عليكم بالأمر الأول الذي كانوا عليه قبل أن يفترقوا قال عاصم
فحدثت به الحسن فقال قد نصحك والله وصدقك
“Hendaknya kalian
mengikuti urusan orang-orang awal, yang dahulu ketika mereka belum terpecah belah.” ‘Ashim berkata:
“Aku menceritakan ini kepada Al Hasan, maka dia berkata: ‘Dia telah
menasihatimu dan membenarkanmu.’ “
Dari Al Auza’i, dia
berkata:
اصبر نفسك على السنة وقف حيث وقف القوم وقل بما قالوا وكف
عما كفوا عنه واسلك سبيل سلفك الصالح فانه يسعك ما وسعهم
“Sabarkanlah dirimu
di atas As Sunnah, berhentilah ketika mereka berhenti, dan katakanlah apa yang
mereka katakan, tahanlah apa-apa yang mereka tahan, dan tempuhlah jalan
pendahulumu yang shalih, karena itu akan membuat jalanmu lapang seperti
lapangnya jalan mereka.”
Dari Yusuf bin Asbath, dia berkata:
قال سفيان يا يوسف إذا بلغك عن رجل بالمشرق أنه صاحب سنة
فابعث إليه بالسلام وإذا بلغك عن آخر بالمغرب أنه صاحب سنة فابعث إليه بالسلام فقد
قل أهل السنة والجماعة
“Berkata Sufyan:
Wahai Yusuf, jika sampai kepadamu seseorang dari Timur bahwa dia seorang
pengikut As Sunnah, maka kirimkan salamku untuknya. Jika datang kepadamu dari
Barat bahwa dia seorang pengikut As Sunnah, maka kirimkan salamku untuknya,
sungguh, Ahlus Sunnah wal Jama’ah itu sedikit.”
Dari Ayyub, dia
berkata:
إني لأخبر بموت الرجل من أهل السنة فكأني أفقد بعض أعضائ
“Sesungguhnya jika
dikabarkan kepadaku tentang kematian seorang dari Ahlus Sunnah, maka
seakan-akan telah copot anggota badanku.”
Dan masih banyak lagi
nasihat yang serupa. (Lihat semua ucapan salaf ini dalam Talbisu Iblis,
hal. 10-11, karya Imam Abul Faraj bin Al Jauzi )
Sementara Al
Ustadz Hasan Al Banna Rahimahullah menegaskan tentang fikrah
dakwahnya:
دعوة سلفية : لأنهم يدعون إلى العودة
بالإسلام إلى معينه الصافي من كتاب الله وسنة رسوله. وطريقة
سنية : لأنهم يحملون أنفسهم علي العمل بالسنة المطهرة في كل شيء ، وبخاصة في
العقائد والعبادات ما وجدوا إلى ذلك سبيلا
“Da’wah Salafiyah: karena mereka menyeru
kembali kepada Islam dengan maknanya yang murni dari Kitabullah dan Sunnah
RasulNya.
Thariqah sunniyah: karena mereka membawa jiwa untuk beramal dengan sunnah
yang suci dalam segala hal, khususnya dalam hal aqidah dan ibadah, sejauh yang
mereka mampu.” (Al Imam Hasan Al
Banna, Majmu’ah Ar Rasail, Hal. 183. Al Maktabah At Taufiqiyah) .
Definisi Ahlus Sunnah Wal
Jama’ah
Berkata Syaikh Muhammad Khalil
Hiras:
وَالْمُرَادُ بِالسُّنَّةِ : الطَّرِيقَةُ الَّتِي كَانَ عَلَيْهَا رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَصَحْابُهُ قَبْلَ ظُهُورِ الْبِدَعِ
وَالْمَقَالَاتِ .
وَالْجَمَاعَةُ فِي الْأَصْلِ : الْقَوْمُ الْمُجْتَمِعُونَ ، وَالْمُرَادُ
بِهِمْ هُنَا سَلَفُ هَذِهِ الْأُمَّةِ مِنَ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِينَ ، الَّذِينَ
اجْتَمَعُوا عَلَى الْحَقِّ الصَّرِيحِ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ تَعَالَى وَسُنَّةِ رَسُولِهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ .
“Maksud dari As
Sunnah adalah jalan yang Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam
dan para sahabatnya ada di atasnya, sebelum nampaknya bid’ah dan
perkataan-perkataan menyimpang.
Sedangkan Al Jama’ah pada
asalnya, bermakna: Kaum yang berkumpul, tetapi yang dimaksud di sini adalah
pendahulu umat ini dari kalangan sahabat, tabi’in, dan orang-orang yang
berkumpul di atas kebenaran yang jelas dari Kitabullah dan Sunnah RasulNya Shallallahu
‘Alaihi wa Sallam.” (Syaikh Muhammad Khalil Hiras, Syarh Al ‘Aqidah
Al Wasithiyyah, Hal. 26)
Berkata Abdullah bin Mas’ud Radhiallahu
‘Anhu tentang makna Al Jama’ah:
الجَمَاعَةُ مَا وَافَقَ
الَحَقّ ، وَإِن كُنْتَ وَحْدَكَ
“Al Jama’ah adalah
apa-apa yang bersesuaian dengan kebenaran, walau pun kau seorang diri.” (Syaikh
Abdullah bin Abdil Hamid Al Atsari, Al Wajiz fi ‘Aqidah As Salaf Ash Shalih,
Hal.25)
Sementara dalam kitab lain, dari
Abdullah bin Mas’ud Radhiallahu ‘Anhu pula:
إنما الجماعة ما وافق
طاعة الله وإن كنت وحدك
“Sesungguhnya Al Jama’ah adalah apa-apa
yang bersesuaian dengan ketaatan kepada Allah, walau kau seorang diri.” (Imam
Al Lalika’i, Syarh
Ushul I’tiqad Ahlis Sunnah wal Jama’ah, 1/63)
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi
wa Sallam sendiri menjelaskan makna Al Jama’ah:
ما أنا عليه وأصحابي
“Apa-apa yang Aku dan sahabatku berada di atasnya.” (HR.
At Tirmidzi No. 2641. Syaikh Al Albani mengatakan: hasan. Lihat Shahih
wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 2641)
Syaikh Abdullah bin Abdil Hamid
Al Atsari, memberikan kesimpulan tentang makna Ahlus Sunnah wal Jama’ah,
sebagai berikut:
فَأهلُ السُّنَّةِ والجماعة :
هم المتمسكون بسُنٌة النَّبِيِّ- صلى اللّه عليه وعلى آله وسلم- وأَصحابه
ومَن تبعهم وسلكَ سبيلهم في الاعتقاد والقول والعمل ، والذين استقاموا على الاتباع
وجانبوا الابتداع ، وهم باقون ظاهرون منصورون إِلى يوم القيامة فاتَباعُهم هُدى ، وخِلافهم
ضَلال .
“Maka, Ahlus Sunnah wal
Jama’ah adalah mereka yang berpegang teguh dengan sunnah (jalan) Nabi Shallallahu
‘Alaihi wa Sallam, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikuti mereka
dan menempuh jalan mereka dalam perkara aqidah, ucapan, dan perbuatan, dan
orang-orang yang istiqamah dalam ittiba’ (mengikuti sunnah) dan
menjauhkan bid’ah, merekalah orang-orang yang menang dan mendapat pertolongan
pada hari kiamat. Maka mengikuti mereka adalah petunjuk, dan berselisih dengan
mereka adalah sesat.” (Al Wajiz ..., Hal. 25)
Jadi, ada dua kata kunci dalam memahami istilah Ahlus Sunnah wal Jamaah:
1.
Apa yang mereka jalankan? Yakni thariqah (metode/jalan) yang
pernah dilakoni oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, sahabat,
dan tabi’in.
2.
Siapa sajakah mereka? Yakni Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa
Sallam, para sahabat, dan tabi’in, dan orang-orang yang mengikuti mereka
dengan baik, bersama kebenaran yang mereka bawa.
Sehingga, siapa saja, di mana
saja, dan kapan saja, manusia yang mengikuti jalan yang pernah ditempuh mereka,
maka itulah Ahlus Sunnah wal Jamaah, walaupun dia seorang diri.(Islamedia)
Wallahu A’lam
Farid Nu’man Hasan